Revitalisasi Pendidikan Islam

Buku ini terdiri dari empat bagian. Bagian pertama berisi kajian pendidikan Islam dalam lintasan sejarah. Di sini dikemukakan bagaimana pendidikan Islam masa lalu mengalami transformasi dan pencerahan intelektual. Berbagai lembaga pendidikan Islam bermunculan di sini, yang selanjutnya menjadi pusat kajian (Islamic Center) bagi kaum Muslim, baik yang bersifat formal maupun nonformal. Pada bagian kedua di bahas perspektif filsafat mengenai pendidikan Islam. Masalah potensi sumber daya manusia dan manajemen lembaga pendidikan Islam merupakan hal yang dapat menopang terjadinya pembaruan pendidikan Islam, entah dalam bentuk revitalisasi atau rekonstruksi. Kemudian dilanjutkan dengan bagian ketiga yang berupaya mengkaji tantangan-tantangan pendidikan Islam di era kontemporer. Isu globalisasi, pluralisme, integrasi bangsa, otonomi daerah dan civil society menjadi fokus studi dalam bagian ini. Adapun bagian keempat mencoba mengkaji dilema dan problema yang dihadapi perguruan tinggi Islam dewasa ini. Masalah kurikulum, tenaga pengajar, manajemen pendidikan, visi dan misi perguruan tinggi semacam IAIN dan bagaimana seharusnya praktek perkuliahan di perguruan tinggi dilakukan merupakan beberapa hal yang dibahas pada bagian ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s