Arah Baru Studi Islam di Indonesia

Masalah teori dan metodologi studi Islam merupakan tema yang perlu diusung dan disegarkan kembali mengingat kajian Islam di perguruan tinggi Islam dewasa ini telah mengalami semacam lompatan yang cukup menggembirakan. Secara historis, perubahan yang menggembirakan ini dimulai pada dekade awal 80-an, di mana literatur Barat mulai diintensifkan dan diperluas aksesnya. Intensifikasi dan perluasan akses literatur Barat dimungkinkan karena pada masa ini banyak ditemukan sarjana Muslim yang pulang dari studi di Barat. Sisi positif fenomena ini adalah munculnya keanekaragaman dan kekayaan para sarjana itu dalam penggunaan pendekatan ilmiah. Mereka mulai mengkaji Islam secara lebih kritis dan interdisipliner. Pada tahun 1990-an, khazanah intelektual Islam di Indonesia diwarnai oleh fenomena menarik, yaitu munculnya sejumlah sarjana Muslim yang berbasis studi Timur Tengah. Pada saat yang sama, perubahan dan keberlangsungan studi Islam ini didukung oleh bangkitnya intelektualisme Islam berbasis pesantren. Pada awal 2000-an, kedua latar belakang keilmuan itu berdialog secara intens sehingga melahirkan diversifikasi corak kajian keislaman di Indonesia.

Diversifikasi corak kajian Islam di Indonesia lebih tampak ketika sejumlah IAIN beralih status menjadi UIN, di mana fakultas dan jurusan di UIN membuka program-program studi umum. Secara otomatis, gejala ini melahirkan paradigma keilmuan yang mencoba mereintegrasikan keilmuan Islam dalam satu corak yang teoantroposentris-integralistik. Berbagai teori dan metodologi studi Islam yang menggunakan pendekatan ilmu-ilmu sosial dan humaniora mulai sering diperbincangkan dalam berbagai forum ilmiah, dan tak jarang dijadikan agenda dalam berbagai penelitian ilmiah.

Buku ini pada dasarnya merupakan hasil dari pergumulan para penulisnya setelah mengalami proses transformasi intelektual menuju paradigma keilmuan Islam yang menggunakan pendekatan teoantroposentris-integralistik. Semua ini mengindikasikan bahwa buku ini patut dibaca, dan dijadikan referensi serta bahan diskusi bagi mereka yang concern dan berminat melakukan studi Islam, dengan teori dan metodologi yang baru tentunya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s