FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM: Menguatkan Epistemologi Islam dalam Pendidikan

FPI_2014

Penulis       : Dr. Toto Suharto, M.Ag.

Penerbit     : Ar-Ruzz Media, Yogyakarta

Cetakan      : I, 2014 (Edisi Revisi)

Ukuran       : 17 x 24 cm

Halaman     : 324 hlm.

ISBN         : 978-602-313-018-4

Buku ini mencoba membongkar ulang landasan epistemologis keilmuan Filsafat Pendidikan Islam dengan melihatnya dari epistemologi Islam, yang tidak hanya bersumber pada wahyu sebagai highest wisdom of God, sebuah kawasan transendental yang tak tersentuh oleh filsafat ilmu Barat, tapi juga bersumber pada kawasan historis yang rasional, empiris dan intuitif.

Bangunan ilmu bertumpu pada tiga tiang penyangga, yakni ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Tiga tiang penyangga ini akan mempermasalahkan apa, bagaimana dan untuk apa hakikat suatu ilmu. Dalam tradisi keilmuan Barat, terkenal istilah scinece for science, tapi dalam Islam, istilah tersebut tidak dikenal. Sebab, ilmu dalam Islam bertopang pada kesadaran dan keimanan kepada kekuasaan Allah. Islam menghendaki keterlibatan dan kemaslahatan umat dalam pengembangan ilmu dan pencarian kebenaran ilmu. Oleh karena itu, karakter ilmu pengetahuan dalam Islam, selain bertumpu pada antroposentris, juga teosentris.

Filsafat Pendidikan Islam merupakan kajian filosofis mengenai berbagai masalah pendidikanyang berlandaskan ajaran Islam. Kajian filosofis digunakan dalam Filsafat Pendidikan Islam artinya merupakan pemikiran secara mendalam, sistematik, radikal, dan universal dalam mencari kebenaran, inti atau hakikat pendidikan Islam. Buku ini berupaya menguraikan landasan ontologi, epistemologi dan aksiologi Filsafat Pendidikan Islam, yang diinterelasikan dengan pandangan dunia Islam tentang pendidikan. Uraian buku ini mencakup penjelasan tentang kedudukan Tuhan, manusia dan alam; uraian tentang komponen-komponen pendidikan Islam, berbagai wacana dan isu-isu kontemporer Filsafat Pendidikan Islam, serta pemikiran pendidikan dari para tokoh Islam.

Al-hamd li Allah wa al-syukr li Allah, sejak terbit untuk kali pertama pada tahun 2006, kemudian cetak ulang pada 2011, buku Filsafat Pendidikan Islam ini mendapat tanggapan cukup positif dari kalangan akademisi UIN/IAIN/STAIN seluruh Indonesia, baik dosen maupun mahasiswa. Mereka memberikan respons yang apresiatif terhadap buku ini. Saya selaku penulis sering mendapat informasi, baik melalui telepon maupun blog, untuk menggunakan buku ini sebagai bahan referensi di dalam perkuliahan.

Untuk itu, sebagai respons balik terhadap apresiasi itu, pada cetakan edisi revisi ini, ada beberapa penambahan konten dan revisi yang kiranya perlu dilakukan bagi perbaikan buku ini. Selain sistematika yang ditataulang, ada beberapa materi baru yang dimasukkan, sebagai perkembangan mutakhir yang muncul dalam bidang kajian Filsafat Pendidikan Islam. Selain itu, subjudul pun diberikan pada buku ini, untuk memberikan kesan keberbedaannya di antara karya-karya sejenis, yang sekaligus menjadi “penanda” bagi kekhasan buku ini. Semoga upaya ini merupakan langkah penulis untuk terus mengkaji dan mengembangkan keilmuan bidang Filsafat Pendidikan Islam, sehingga keberadaan disiplin ilmu ini menjadi peneguh dan penguat bagi epistemologi Islam.

Kepada rekan-rekan akademisi UIN/IAIN/STAIN seluruh Indonesia yang telah memberikan respons positif, penulis haturkan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya, demi kemajuan khazanah keilmuan Islam di Inonesia. Juga kepada Penerbit Ar-Ruzz Media, terima kasih atas kepercayaannya untuk tetap menerbitkan buku ini yang kali ini dalam bentuk cetakan edisi revisi. Semoga semua upaya ini menjadi amal baik bagi kita semua, yang dinilai ibadah oleh Allah SWT. Amin.

 

2 pemikiran pada “FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM: Menguatkan Epistemologi Islam dalam Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s