Menjadi Guru Profesional Berkarakter Islami

Menjadi Guru Profesional Berkarakter Islami

Oleh: Dr. Toto Suharto, M.Ag.

(Disampaikan pada Seminar “Menjadi Pendidik Berkarakter Islami”, BEM Tarbiyah dan Bahasa IAIN Surakarta, 13 September 2011)

Kata “profesi”, “profesional” dan “profesionalisme” dewasa ini menjadi semacam kata kunci bagi kehidupan modern. Semua orang berlomba-lomba menjadi orang yang profesional.  Profesi dimaknai sebagai kategori pekerjaan yang berbasis pengetahuan, yang biasanya diperoleh melalui pendidikan atau latihan keahlian. Profesi berbeda dengan pekerjaan biasa (occupation).

 Orang yang bekerja sesuai profesinya disebut profesional. “Profesional” dapat diartikan sebagai segala hal yang berkaitan dengan profesi, yaitu yang memerlukan keahlian khusus dalam menjalankannya. Profesionalisme mempunyai makna; mutu, kualitas, dan tindak-tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau yang profesional. Profesionalisme merujuk pada suatu ide, aliran, isme, atau paham yang bertujuan mengembangkan profesi, agar profesi yang dilaksanakan oleh profesional dapat mengacu kepada norma-norma, standar dan kode etik serta memberikan layanan terbaik kepada klien. selengkapnya unduh di sini.

4 pemikiran pada “Menjadi Guru Profesional Berkarakter Islami

  1. aslm. alkm.
    Saya punya gagasan pendidkan berbasis pengalaman subyketif. Saya ingin mengembangkannya, tapi terbatas referesi. Mohon bantuan pak toto untuk meneunjukkan referensi yang relevan. Terima kasih

    • salam, saya belum paham dengan gagasan pendidikan berbasis pengalaman subyktif. tapi sekedar informasi dapat dibaca konsep pengalaman pendidikan dari John Dewey dalam filsafat pragmatismenya, dari kalangan islam bisa mengambil teori “pengalaman intuisi” nya M. Iqbal, kemudian untuk bandingam antara subyektif-objektif, bisa dibaca konsep intersubjektif dari Habermas. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s