Pengaruh Filafat Posmodernisme dalam Pendidikan

Oleh: Toto Suharto

Abstrak

Berbagai kritik yang muncul berkaitan dengan praktik pendidikan berdasarkan paradigma tradisional telah membuat para pemikir kritis dalam dunia pendidikan menawarkan sebuah aliran, gagasan, pemikiran dan filsafat yang disebut dengan pendidikan kritis atau critical pedagogy. Dengan telaah sejarah pemikiran, tulisan ini bermaksud menelusuri akar-akar yang menjadi latar belakang lahirnya pendidikan kritis. Berdasarkan pemikiran yang dikemukakan Tilaar mengenai dua arus pemikiran yang melatari kelahiran pendidikan kritis, tulisan ini menemukan bahwa pendidikan kritis merupakan aliran, gagasan, pemikiran dan filsafat pendidikan yang tidak memisahkan antara teori dan praksis, dengan tujuan utamanya yaitu memberdayakan kaum tertindas agar memiliki kesadaran untuk bertindak melalui praksis emansipatoris. Pendidikan jenis ini lahir berkat geliat gerakan posmodernisme dalam bidang filsafat, seperti filsafat yang diusung Lyotard, Foucault dan Habermas dengan Teori Kritisnya pada satu sisi, dan pendidikan kritis juga lahir berkat adanya gerakan pemikiran pendidikan yang diusung Illih, Reimer dan Freire, pada sisi yang lain. Dari ketiga tokoh ini, Freire kiranya dipandang sebagai pelopor dan perintis pendidikan kritis, yang pada perkembangan berikutnya banyak mempengaruhi para pemikir pendidikan kritis berikutnya

Selengkanya, lihat Toto Suharto, “Pengaruh Filsafat Posmodernisme dalam Pendidikan”, Jurnal Filsafat dan Pemikiran Keislaman Refleksi (Jurusan Aqidah dan Filsafat Fak. Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga), Vol.8, No. 1, Januari 2008, hal. 22-37 (Terakreditasi Nasional A).

3 pemikiran pada “Pengaruh Filafat Posmodernisme dalam Pendidikan

  1. artikelnya menarik, tapi sayang super singkat. Gimana caranya sy bisa dapetin artikelnya Mas Toto, smentara sy tinggal di kediri?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s