Merancang Filsafat Pendidikan Berbasis Epistemologi Islam

Sebagai sebuah disiplin ilmu, Filsafat Pendidikan Islam kiranya merupakan salah satu wilayah studi Islam (Islamic studies/dirasah Islamiyyah) yang masih debatable eksistensinya. Oleh karena itu, wacana-wacana baru, baik dalam kancah nasional maupun internasional, selalu dimunculkan para pakar yang intinya memandang perlu dilakukannya redekonstruksi terhadap struktur fundamental keilmuan Filsafat Pendidikan Islam, baik dari segi ontologi, epistemologi ataupun aksiologinya. Redekonstruksi dipandang perlu karena Filsafat Pendidikan Islam masih mengandung banyak wajah, antara menginduk kepada ilmu filsafat, kepada ilmu pendidikan atau kepada ilmu filsafat pendidikan.

Dengan pemikiran seperti itu, blog ini mencoba membongkar ulang landasan epistemologis keilmuan Filsafat Pendidikan Islam dengan melihatnya dari epistemologi Islam, yang tidak hanya bersumber kepada wahyu sebagai highest wisdom of God, sebuah kawasan transendental yang tidak pernah tersentuh oleh Filsafat Ilmu Barat, tetapi juga bersumber kepada kawasan historis yang rasional, empiris dan intuitif. Blog ini juga  mencoba menawarkan solusi atas persoalan epistemologi tersebut, dengan melihatnya secara makro dan mikro!

Satu pemikiran pada “Merancang Filsafat Pendidikan Berbasis Epistemologi Islam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s